Sabtu, 18 Oktober 2008

Pengaruh Krisis USA & GLOBAL terhadap mata uang

well, saya ingin sharing pengamatan saya terhadap Krisis yang melanda dunia ini..
sebelumnya,setiap saya seminar / client saya banyak yang suka bertanya, kenapa USA lagi resesi, tapi kok USD menguat terus.. dan kenapa USD terhadap JPY ( jepang yen ) tidak ikut menguat, dan kenapa OIL ( minyak dunia turun )....
saya akan mencoba menjawab secara gampang..

USA memang lagi terkena krisis, terutama di perbankan dan bursa wall street
tapi kenapa USA menguat terhadap beberapa mata uang besar lainnya, seperti terhadap EUR, GBP , AUD..
setelah Global Cut Rate, pemotongan suku bunga secara serentak beberapa negara..

USA . 1,5%
EUR. 3,75%
GBP. 4,5%
AUD. 6%

1. )
di negara Major,yang mempunyai suku bunga yang rendah adalah USA 1,5% .. sehingga diperkirakan suku bunga USA sudah mulai Bottom, atau ada kemungkinan tidak akan ada lagi pemotongan suku bunga ( tergantung dari situasi ekonomi )
dan beberapa negara Major,seperti EURO , ENGLAND , AUSTRALIA.. di perkirakan akan memotong suku bunganya, untuk menstimulus masalah pertumbuhan ekonomi..
jadi secara otomatis, negara yang akan memotong suku bunga secara cepat, akan membuat matauangnya lemah.

2.)
Bursa Wallstreet terkena Badai, jatuhnya Bank Lehman, dan beberapa kesulitan yang dialami oleh beberapa perusahaan asuransi,financial.. telah membuat semua investor di dunia PANIK.. dan berkurangnya kepercayaan terhadap sistem ekonomi
dan hal ini juga merembet ke negara2 lain.. seperi Eropa,Asia....
dan tentu saja apabila terjadi / muncul gejala RESESI di negara2 maju.. secara otomatis OIL ( minyak dunia akan turun harganya,karena permintaan yang berkurang )
kenapa OIL bisa turun, contoh gampangnya seperti ini : misalnya saya mempunyai perusahaan manufaktur besar yang listing di DOW JONES.. dan sekarang karena pendapatan perusahaan berkurang dan Cost meningkat karena masalah ekonomi global, maka otomatis saya akan PHK sebagian karyawan / tenaga kerja dan mengurangi Produksi manufaktur.. dan tentu saja permintaan saya terhadap OIL / minyak dunia / energi akan berkurang.. sehingga inilah yang menyebabkan harga OIL turun
dan secara otomatis,kalau harga minyak dunia / OIL turun maka USD akan menguat .. karena OIL masih diperdagangkan dengan patokan harga USD
dan kalau banyak para investor melepas PORTFOLIO sahamnya di Bursa,otomatis Bursa Anjlok dan Investor akan memburu USD , karena USD masih berlaku sebagai matauang yang banyak diakui dunia..
dan USA sekarang sedang membutuhkan dana segar,untuk financial BAIL OUT...
dan tentu cadangan EMAS akan dijual,untuk mendapatkan dana segar..sehingga USD menguat lagi.

efek DOMINO --> DOW JONES hancur karena masalah pertumbuhan ekonomi dan krisis kepercayaan investor terhadap bursa / aksi Sell, sistem perbankan ikut hancur,muncul aksi penyelamatan Bail out, menjual cadangan Emas untuk mendapat dana segar, menyeret OIL turun, dan membuat USD menguat terhadap beberapa Mata Uang negara besar lainnya.

3.)
Kenapa USD / EUR / GBP / AUD ... terhadap JAPANESE YEN tidak menguat ?
karena ... mata uang yang besar yang berlawanan dengan /JPY boleh dikategorikan mata uang CARRY TRADE
contoh gampangnya :
bunga central Jepang adalah 0,5% ( paling kecil di antara negara2 maju )
bunga central Inggris adalah 4,5%
kalau saya adalah orang Jepang, saya akan meminjam uang dari bank Jepang, dan saya di kenakan bunga 0,5%
lalu uang ini saya investasikan di negara Inggris, di inggris saya mendapat bunga 4,5%..
otomatis saya untung dari selisih bunga tersebut..
4,5% - 0,5% = 4%
-----------------------
sekarang karena situasi ekonomi tidak menentu..dan Perbankan sudah mulai terkena Badai..
sehingga kepercayaan terhadap Perbankan mulai rontok ( krisis kepercayaan ) dimulai dari jatuhnya Bank LEHMAN BROTHERs... bank yang diatas 150 tahun dan dipercaya sebagai investment Bank yang KUAT, tetapi akhirnya TEWAS juga...
secara otomatis , saya sebagai investor Japan, saya akan menarik kembali dana2 yang sudah saya taruh di negara Amerika, Eropa, Australia,Inggris,....
karena saya sudah mulai tidak percaya akan BANK...
dan mereka juga sudah mulai akan memangkas Suku bunga Banknya.. sehingga keuntungan yang saya terima juga mengecil
dan suku bunga pinjaman antar Bank, telah ditingkatkan...
dan efek inilah yang membuat JAP YEN menguat terus...
disebut .. UNWINDING CARRY TRADE , RISK AVERSION...

Tidak ada komentar: